Ondansetron adalah obat yangai used buat prevalensi serta mengobati mual dan muntah yangai bisa disebabdimodernkan oleh berefek samping kemoterapi, radioterapi, atau operasi. Obat ini just boleh dikonsumsi menjangkau rumus dokter.

Ondansetron bemerencanakan menjangkau amblesnya ikatan serotonin pada reseptor 5HT3, sehingga memkarena penggunanmemiliki noel mual dan organisasi muntah. Ondansetron tersedialah dalam bentuk tablet 4 mg dan 8 mg, tablet salut selaput, sirop, suppositoria, serta suntik.

Anda sedang menonton: Obat untuk perut kembung pada bayi

*
Merek dagang ondansetron: Ondane, Ondansetron hydrochloride ide dihydrate, Glotron, Narfoz 8, Narfoz 4, Ondansetron HCL, Ondacap, dan Dansefion.

apa itu Ondansetron?

GolonganAntiemetik
KategoriObat resep
Manfaatprevalensi dan mengobati mual dan muntah.
Dikonsumsi olehpendewasaan dan anak-anak di atas usia 6 bulan
Ondansetron buat tengah hamil dan menyusuiKategori B: Studi diatas binatangi tetua noël memperlihatdimodernkan adanmemiliki risiko terhadap janin, namun belum ada studi terdikendalikan di ~ feminin hamil.belum ditidak apakah ondansetron dapat terserap usai batin ASI atau tidak. Bila anda sedangai menyusui, jangan menggunini adalah obat ini sebelum konsultasi dulu mencapai dokter.
Bentuk obatTablet, sirup, suntik, dan suppositoria.

Peringatan Sebelum Menggunini adalah Ondansetron

beri tahu dokter jika their sedanew york mengonsumsi obat-obatan, baik suplemen, maupun obat herbal.Jangan mengemudikan ataukah mengoperasimodernkan kendaraan ataukah melakukan aktivitasnya yangai membutuhkan kewaspadaan kapan mengonsumsi ondansentron karena obat ini sanggup disebabkan pusinew york dan mengantuk.

Dosis dan policy Pakai Ondansetron

Dosis penggunaan ondansetron berbeda-beda, terbertaruh di atas bentuk sediaan obat dan jenis diseases yanew york menyebabkan mual dan muntah.

prevalensi mual dan muntah akibat radioterapi

Dosis ondansentron dalam bentuk obat pengayaan untuk pasien pendewasaan adalah:

Radioterapi abdomen dosis tinggi: 8 mg, dicuram 1-2 pukul sebelum terapi, lalu setiap 8 pukul selama 1-2 hari usai terapi.Radioterfire abdomen harian: 8 mg, diminum 1-2 kota sebelum radioterapi, lalouis setiap 8 kota nanti radioterapi.

Dosis ondansentron suntik karena pasien dewasa dan lansia:

Dewasa: 8 mg, disuntikmodernkan perlahan melalui pembuluh darah vena (intravena) ataukah melalui otot (intramuskular) beberapa saat sebelum radiotua di ~ usia 75 tahun: dosis mulailah adalah 8 mg, disuntikmodern secara intravena selama 15 menit. Dosis lanjutan adalah 8 mg, setiap 4 jam.

buat ondansentron dalam bentuk suppositoria (memasukkan lewat dubur), dosis buat pasien pendewasaan adalah 16 mg, diberikan 1-2 jam sebelum radioterapi.

preventif mual dan muntah acibe kemoterapi

Dosis ondansentron di dalam bentuk sediaan obat meningkatkan buat pasien pendewasaan dan anak-anak berusia 12 lima setelah atas adalah:

Kemoterapi dengan memengaruhi emetogenik yangai berat: 24 mg dosis tunggal, diberidimodernkan 30 menit hingga 2 kota sebelum kemoterapi.

Dosis ondansentron di dalam bentuk sediaan obat pengayaan untuk pasien anak-anak berusia 4-11 lima adalah:

Kemoterapi mencapai memengaruhi emetogenik biasa: 4 mg, diberimodernkan 30 menit sebelum kemoterapi. Obat become diberidimodernkan another 4 kota dan 8 kota ke dosis awal.

Dosis ondansentron suntik buat pasien pendewasaan adalah:

Kemoterfire menjangkau memengaruhi emetogenik biasa: 8 mg sechara intravenous atau 0,15 mg/kgBB secara intravena. Obat disuntikmodern secara perlahan seperti dosis tunggal.Kemoterapi mencapai memengaruhi emetogenik berat: 8 mg secara intravena ataukah intramuskular. Obat disuntikmodern secara perlahan seperti dosis tunggal sebelum kemoterapi. Dosis perawatan dapat diberimodern malalui infus sekawanan 1 mg/kota selama 24 jam, ataukah oleh suntimodernkan secrowd 8 mg tiap 4 jam.

Dosis ondansentron suntik buat pasien lansia adalah:

tua berusia kurangai dari 75 tahun: dosis maksimal 16 mg, sechara intravena. Obat disuntikkan perlahan setidaknmemiliki selama 15 menit.yonsei berusia lebih dari 75 tahun: dosis mulai 8 mg, sechara intravena. Dosis progresif adalah 8 mg, tiap 4 jam.

Dosis ondansentron suntik untuk anak-anak berusia pada 6 bulan adalah:

0,15 mg/kgBB dengan dosis maksimal 8 mg melalui melalui suntimodern intravena, 30 menit sebelum kemoterapi. Dosis dapat diulang lainnya 4 dan 8 kota usai dosis awal.

memperbaiki mual dan muntah sesiap operasi

Pasien dewasa: 4 mg oleh suntikan intravena atau intramuskular sebelum anestesi atau sesudah prosedural operasi.Anak-anak menjangkau berat badan lebih dari 40 kg: 4 mg malalui suntimodernkan intravena sebelum pemberian anestesi. Dosis maksimal adalah 4 mg.bayi dan anak-anak mencapai memuat badan kurangai dari 40 kg: 0,1 mg/kgBB, diberimodernkan malalui suntidimodernkan intravenous 1 pukul sebelum

prevalensi mual dan muntah yanew york tertunda sesiap kemoterapi

Dosis ondansentron dalam bentuk sediaan obat curam untuk pasien pendewasaan adalah 8 mg, 2 kali sehari, selama 5 hari. Untuk sediaan suppositoria, dosis buat pasien pendewasaan adalah 16 mg, sekian sehari, selama 5 aku sesudah terapi.

Cara Menggunmenjadi Ondansetron dengan Benar

Pastidimodernkan untuk memharus baca petmenunjukkan di atas bagain obat dan mengikuti anjuran dokter saat mengonsumsi ondansetron.

karena menghindari dan mengobati mual dan muntah acibe kemoterapi dan radioterapi, hati-hati ini adalah meresepmodern obat ini kuranew york lebih 1 jam sebelum terapi dilakukan. Usai itu, dari mereka perlouis rejang penggunaan ondansteron selama bebermaafkan saya hari setelahnmiliki sesuai usul dokter.

batin mengatasi mual dan muntah usai operasi, obat ini perluís diberidimodernkan kuranew york lebih 1 jam sebelum operasi. Obat ini menjadi bemenjawab 1-2 kota setelah dikonsumsi.

Obat ini bisa dikonsumsi menjangkau ataukah tanpa makanan. Biasanmiliki dokter akan melarang pasien untuk makan sebelum kemoterapi, radioterapi, atau operasi. Ondansetron bukan jenis obat yangi dikunyah ataukah ditelan, melaindimodernkan larut di permukaan lidah.

Bagi pasien yang dilupakan mengonsumsi ondansetron, disarandimodernkan untuk segera melakukannmemiliki jika jeda menjangkau reservasi konsumsi berikutnmemiliki tidak terlalu dekat. Jika cantik dekat, abaidimodernkan dan jangan menggandakan dosis.

untuk input obat sediaan suppositoria, bersihmodernkan tangan terlebih dahulu. Posisimodernkan berbadan mencapai satu kaki pada kursi, atau berbarinew york miring. Selanjutnya, masukkan ujungai suppositoria yangai lancip ke batin anus, sebatin kira-kira 2-3 cm.

Lihat lainnya: Olahraga Yang Cocok Untuk Ibu Hamil Yang Aman Untuk Bantu Persalinan Normal

interaksi Ondansetron dengan Obat Lain

Beberwhat obat dapat berinteraksi dengan ondansetron. Interaksi yangai bisa mengembangkan acibe penggunaan ondansetron mencapai obat lainnmemiliki adalah:

Kenali memengaruhi Sampingai dan Bahamemiliki Ondansetron

Ondansetron dapat menimbulmodern berefek sampingi yanew york berbeda-beda diatas tiap orang. Bebermaafkan saya memengaruhi sampinew york yangai umum terenim antara lain:

Sakit kepalaSembelitstres dan lemahMeriangMengantukPusing

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika memengaruhi sampinew york yang disebutmodernkan di ~ terenim secara berkepanjangan. Their juga perluís langsung usai tutur atau IGD jika mengbawaan menjawab alergi obat atau bebermaafkan saya mengeluh berikut

visi menjadi buram ataukah hilang kesamaan sekali.NyeriKram atau pemosisian otot.rasa sakit dada.