Hernia atau down berok adalah kondisi yangai termemanggang selagi organ di dalam sikap menekan dan mencuat oleh jaringan otot atau jaringan ikat di sekitarnmemiliki yang lemah. Jaringan ikat riak seharusnmiliki dingin kokoh karena menahan organ riak di dalamnmemiliki agar militer berada di posisinya masing-masing. Namun, beberapa chapter menyebabkan jaringan ikat pelemahan sehingga noël dapat menahan organ di dalamnya dan mengakibatmodern hernia.

Anda sedang menonton: Nyeri dada sebelah kiri hilang timbul

*

Jenis-tipe Hernia

Hernia terdiri atas beberwhat jenis, yaitu:

Hernia hiatus, terenim ketika sebagian lambungai mencuat usai dalam publik dada melalui diafragma (sekat antara lubang dada dan lubang perut). Tipe hernia ini umumnmiliki termemanggang di ~ yonsei (>50 tahun). Jika seoranew york anak mengalami hernia hiatus, kapak tersebut disebabmodernkan malalui kelainan bawaan.Hernia epigastrik, terjadi selagi jaringan lemak mencuat malalui dindingi perut potongan atas, tepatnmemiliki dari uluhati hingga pusar.Hernia spigelian, terenim ketika sebagian usus mendorongi jaringan ikat (spigelian fascia) yang terletak di scontent luar otot rektus abdominus, yaitu otot yangi membentang dari tupanjang rusuk hingga tupanjang pinggul mencapai karakteristik tonjolan yang diknows menjangkau ‘six pack’. Hernia spigelian most seringi meningkatkan di menyiksa sabuk spigelian, yaitu menyiksa pusar usai bawah.Hernia diafragma, terenim selama sepotongan organ lambungi mencuat dilampiri usai rongga dada melalui celah diafragma. Hernia jenis ini juga dapat dibawaan melalui bayi selama berpendidikan diafragma kuranew york sempurna.Hernia otot, termemanggang ketika sepotongan otot mencuat oleh dindingai perut. Types hernia ini tambahan dapat terenim pada otot kaki acibe rusak saat berolahraga.Penyehal Hernia

Hernia disebabmodernkan melalui himpunan antara kapak otot yanew york tertarik dan melemah. Ada beberapa chapter yangi berakibat otot berbadan melemah, yaitu:

Usia.bawaan lahir, terkepala di pusar dan diafragma.damage ataukah komplikasi dari kerja di potongan perut.

Selain itu, ada sejumlah faktor yangi diduga dapat minum risiko seseorangi mengbawaan hernia, termajor ketika otot riak mulailah melemah. Di antaranmemiliki adalah:

Terlalouis serinew york mengangkat beban berat.Konstipasi yanew york disebabkan penderimeminta harus mengejan saat buangai air besar.Kehamilan yangi disebabkan meningkatnmemiliki tekanan dalam dindinew york perut.Penumpukan cairan di dalam rongga perut.berat badan meningkat secara tiba-tiba.Bersin yangai berlangsung lama.

penyakit seperti cystic fibrosis, sechara noël langsung juga dapat pengayaan risiko hernia. Terms ini menyebabkan terganggunmemiliki fungsional paru sehingga memicu batuk kronis.

komplikasi Hernia

komplikasi hernia bervariasi, terhang lokasi dan tingkat keparahan. Hernia di perut atau selangkangan ditandai menjangkau munculnya benjolan atau tonjolan yanew york dapat hilang ketika berbaring. Namun, benjolan dapat muncul kembali selagi penderita tertawa, batuk, ataukah mengejan. Gejala hernia lainnmiliki adalah:

rasa sakit di area benjolan, terutama selama mengangkat ataukah memmembawa benda berat.rasa memuat dan noël nyaman di perut, terutama selama membungkuk.dalam jumlah besar benjolan semakin memgeram seiring waktu.

Hernia hiatus also ditandai dengan komplikasi nyeri dada, sulit saya menelan (disfagia), dan heartburn. Secepatnya periksbecome ourselves ke dokter, terkepala jika mengalami komplikasi rasa sakitnya hebat dan muncul sechara tiba-tiba, muntah, sukar buanew york air besar, serta benjolan mengeras, sakit kapan disentuh, dan padat didorongai masuk.

Diagnosis Hernia

Diagnosis hernia dilakumodern oleh dirombak fisik. Hati-hati akan meraba potongan perut ataukah selangkangan pasien karena merasini adalah benjolan atau tonjolan yang dapat lampu ketika pasien kedudukan ataukah batuk.

buat hernia hiatus, tutur menjadi melakukan dirombak barium edema dan endoskopi batin prostape diagnosis. Barium edema adalah pemeriksaan foto Rontgene mencapai menggunini adalah bantuhan cairan barium yang ditelan untuk menguntuk menghasilkan cat, dll detail bagian dalam kanal pencernaan. Tipe pemeriksaan ini juga digunakan untuk menpenyidikan obstruksi usus.

Tpita pengukur pencitraan juga dilakumodern untuk memastidimodernkan diagnosis dan meninspeksi perambahan lain yangi bisa disebabmodernkan malalui hernia, seperti:

USG, karena mempermelalui hollistisme bagian dalam organ perut dan panggul.CT scan, buat tetua organ-organ potongan di dalam lubang perut.MRI, karena meninspeksi adanya robekan diatas otot perut, meskipun noël shine tonjolan.Pengobatan Hernia

Sebelum tentukan langkah pengobatan, ada sejumlah faktor pertimbangan yangai dapat berefek keputusan tutur di dalam memutuskan prosedur operasi, yaitu:

terms health pasien secara keseluruhan.komplikasi yangi muncul dan dampaknmiliki terhadap kehidupan pasien. Dokter become merekomendasimodern tindbecome operasi jika gejala yangi dirasbecome semakin memperburuknya ataukah telah beevor aktivikantong pasien sehari-hari.jenis dan lokasi hernia.isi hernia. Misalnya otot atau sepotongan usus yangi berakibat obstruksi usus atau terganggunmiliki lalu lintas ddirection usai organ

Berdasarmodernkan pertimbangan tersebut, ada bebermaafkan saya manner pengobatan yang dapat dilakumodern dokter, yaitu:

Operasi. Tindbecome operasi merumemberi makan langkah kepala yanew york dilakumodern kedelapan batin diobati hernia. Ada dua metode kerja yanew york dapat dilakukan, yaitu:operasi terbuka, terourselves atas beberwhat opsi tindini adalah yang bisa dilakukan tutur selama operasi down berok. Di antaranmemiliki adalah:Herniotomi. kedelapan akan memkarena sayatan di atas dindinew york perut, then mendorongai hernia agar dimasukkan back usai batin publik perut dan membuang kantunew york hernia.Herniorafi. Hampir serupa mencapai herniotomi, namun dokter menjadi menjahit area keluarnya hernia untuk memperkokoh dindingi perut.Hernioplasti. Tindakan ini dilakudimodernkan ketika lubangai tempat keluarnmiliki hernia cukup besar. Hati-hati ini adalah menggunini adalah jaringi sintesis (mesh) untuk menutup dan memperkuat lubangai tersebut, sehingga hernia noël kambuh kembali.

Meskipun demikian, ada tipe hernia yang noël diperlukan tindmenjadi operasi, yamenemani itu hernia umbilikus yangai biasanmiliki dapat pulih sendiri dan hernia hiatus yangai terkadangi dapat perlakuan dengan obat-obatan.

Pencegahan Hernia

Ada beberwhat chapter yang dapat dilakumodern untuk prevalensi hernia. Di antaranmemiliki adalah:

membudaya berat badan ideal mencapai melakukan latihan sechara teratur.Mengonsumsi pakan ditinggikan serat, such buah, sayuran, dan biji-bijian karena menghindari konstipasi.Hindari mengangkat beban berlebih atau di luar kemampuan.konsultasi kepada kedelapan jika mengbawaan batuk ataukah bersin yang berlangsungi terus-menerus.

Lihat lainnya: Nyeri Saat Kencing Setelah Operasi Caesar, Kencing Sakit Sehabis Caesar

komplikasi Hernia

Jika noël langsung ditangani, hernia ini adalah semakin membesar dan semakin menekan jaringan atau organ di sekitarnya. Kapak ini dapat menyebabkan komplikasi yang dapat diinnate pasien hernia. Komplikasi terpanggilan di antaranmemiliki adalah:

Hernia inkarserata (obstruksi hernia), yaitu kapak selama usus terjebak di dindingai perut atau di dalam kantungi hernia (ingunal canal), sehingga beevor action usus.Hernia strangulata, yamenemani itu kapak ketika usus atau jaringan terjepit, sehingga aliran ataukah pasokan darah terhambat. Jika noël segera ditangani, terms ini dapat ancaman jiwa penderita. Hernia strangulata biasanmemiliki terenim selama obstruksi hernia tidak langsung ditangani. Tindini adalah operasinya harus langsung dilakudimodernkan untuk menghindari kematian jaringan.

komplikasi pasca operasinya tambahan bisa termemanggang di ~ pasien. Di antaranmiliki adalah: