Perangai world I (1914–18) menandai tabrakan geram duluan berskala penginternasionalan di abad kedua puluh. Trauma perangai sangat berimpact pada sikap dan aksi para pemimpin dan sosial awam selama Holocaust. Kerusakan tabrakan terpanggilan dan perdamaian rapuh yangi dimenghasilkan sesudahnmemiliki tetap menggaungai di ~ beberwhat dasawarsa berikutnya, yang membuka jalur untuk peristiwa perang world kedua dan genosida.

Anda sedang menonton: Negara negara yang terlibat dalam perang dunia 1


1

Perangai dunia I merupakan deviasi satu perangi paling destruktif di dalam sejarah modern. Hampir sepuluh juta serdimotori tewas acibe permusuhan ini. Jumlah akun itu jauhnya melampaui jumlah total kematian tentara di ~ setiap orang perang di dalam seratus lima sebelumnya.

2

Serangkaian perjanjian kemudian ditetapmodernkan terhadap nepergilah yang kalah peranew york (Jerman, Austria, Hungaria, Bulgaria, dan Turki). Mereka adjuvan diberi tahu negara-negarasi tersebut, khususnmemiliki Jerman, untuk telah mestart peranew york dan atas kerugian material yanew york sangat besar.

3

Perjanjian Versailles lima 1919 telah kekuatan deutsche untuk menyerahmodern 13 persen dari wilayahnmiliki dan cakupan angkatan perangnya. Crowd warga yanew york mengaitkan perjanjian akun itu kemudian penghinaan overhead kekalahan Jerman.


Info selengkapnmiliki tentangi gambar ini
Tag
Bahasa Bahasa Indonesia

halaman ini juga terseitu di dalam bahasa


PECAHNya PERAng dunia I

Perangi dunia I menandai menabrak internasional skala geram pertama pada abad senin puluh. Pembunuhan Archmerak Franz Ferdinand, pewaris mahkota Austro-Hungaria, dan istrinya, Archduchess Sophie, di Sarajevo diatas 28 Juni 1914, menjadi pencetus permusuhan, yanew york diawal di atas Agustus 1914, dan berlanjut di beberapa front selama empat lima berikutnya.

BLOK ENTENTE (SEKUTU) DAN BLOK sentral dalam PERAngi dunia I

Selama Perangi world I, Blok Entente – Inggris, Prancis, Serbia, dan kekaianjuran Rusia (belakangan also bergabungai Italia, Yunani, Portugal, Rumania, dan Amerika Serikat) – berperangi resisten Blok sentral – deutsche dan Austria-Hungaria (belakangan bergabungai Turki Ottoman dan Bulgaria).

cara BUNTU

Antusiasme mulailah semua pike kanan karena achieved kemenangan cepat dan mutlak meredup saat perangi terpanggilan menemui jalan buntu untuk pertempuran yangai memmenjadi biaya tinggi dan peperangan warisan parit, terkepala di Front Barat. Aset parit dan bentengi di barat yang terpanjangi mencapai kyung 475 mil, kira-kira dari laut north setelah perbpengawas Swiss, dan demikianlah peranew york bagi sebagian terlalu tinggi pejuanew york Amerika north dan Eropa Barat. Luasnmemiliki bentang alam Front Timur mencegah peperangan parit stentu saja besar, tapi skala konfliknmemiliki kemiripannya menjangkau yanew york di Front Barat. Pertempuran bagus also terjadi di Italia Utara, di Balkan, dan di Turki Ottoman. Pertempuran terjadi di lautnya dan, buat pertama kalinya, terenim di udara.

TERJUNNmemiliki negarawan di dalam PERAng dunia I

Suatu peruberwujud memutuskan di dalam pertempuran terpanggilan terenim diatas April 1917 ketika kebijmenjadi perangi kapal menyelam jerman yanew york noël terdikendalikan mendorongai politikus dilepas dari kebijakan isolasionismenmiliki dan terjun nanti dalam jantung konflik. Korps dan nyata baru dari American Expeditionary kekuatan (AEF) di bawah kepemimpinan jenderal John J. Pershing, ditambah dengan kuncitara yangi seincreasingly ketat terhadap pelabuhan Jerman, didefinisikan tolong licin terms peranew york sehingga menguntungmodern Entente.

Rperkembangan RUSIA

manfaat baru bagi korps Entente ini awalnya diimbangi oleh peristiwa yanew york terenim di medan perangi timur. Sejak awal 1917, Rusia, deviasi satu dari blok major Entente, telah berada batin kondisi yangi kisruh. Di atas Februari tahun itu, baris peranew york yang jelek melalui pemerintah kaisar telah disebabkan timbulnmemiliki pemberontmenjadi yangi mediskursif batin Rperkembangan Februari. Rprogress ini force kaisar Nichoselebar II dibawah dari takhta dan dibentuknmemiliki pecahan liberal dan sositerbawanya dari Pemerinsimpan saja Sementara, pada didefinisikan under kepemimpinan anggotaenam partai Revolusioner Sosialis Alexander Kerensky. Eksperimen gigi tiruan mencapai demokrasi plurdahi ini mengbawaan kekisruhan, dan di ~ bulan-bulan di musim panas, penurunan upamemiliki perang yanew york terus berlanjut dan situasi ekonomi yangi seincreasingly memperburuknya berakibat buruh, serdadu, dan pelaut Rusia melakukan kerusuhan ("Hari-hari Juli").

pada 24-25 Oktober 1917, korps Bolshevik (tokoh sosidahi bersayap kiri) di bawah pimpinan Vladimir Lenin menyita bangunan otoritas major dan menggempur Winter Palace, then pusat pemerintangkap baru di ibutown Rusia, Petrograd (sekarang St. Petersburg). "Rkemajuan Ramemiliki Oktober Sosialis," kudeta Marxis pertama yang sukspita pengukur batin sejarah, mencopot Pemerintangkap Sementara yang lemah, dan akhirnya membentuk republik Sosidahi Sovetria under kepemimpinan Lenin. Reformasi sosial, politik, ekonomi dan agraria yanew york radikal dari negara Soorang vietnam baru diatas tahun-tahun pasca perangai mengkhawatirdimodernkan pemerintahan demokratis Barat, yangi sangat undg mencapai penyebaran komunisbutuh di seluruh Eropa sehingga mereka bersedialah berkompromi atau menyenangmodernkan rezim sublim kanan (implisit deutsche Nazi-nmemiliki Adolf Hitler) diatas pengujungai 1920-an dan 1930-an.

Tapi kerusakan langsunew york dari Rprogress Rusia di panggungi Eropa adalah perang sipil yangi secara brutal dan berlarut-larut di daratan Rusia (1917-1922) dan keputusan pimpinan Bolshevik baru buat mengadakan perjanjian damai diputus mencapai Kaiser Jerman. Ketika negosiator merindukan terkait permintaan Jerman, angkatan darat deutsche melancarmodern diserang besar-besaran di Front Timur, sehingga mengmenghasilkan perjanjian damai di Brest-Litovsk diatas 6 Maret 1918.

BLOK ENTENTE merangsek MAJU; BLOK pusat MENYERAH

Kendati deutsche bergawangnya mogok Bolshevik Rusia di ~ perang di pengujunew york musim dingin 1918, dan mencapai gerbang Paris selama monsoon panas, angkatan darat Entente bang mundur angkatan darat dewa di Sungi Marne. Mereka terus lebih dalam maju nanti baris pertahanan jerman di Front west di atas bulan-moon di monsoon panas dan monsoon gugur five 1918 ("diserang Seratusan Hari").

Blok pusat pun start menyerah, start dari Bulgaria dan kesultanan Ottoman, masing-masingnmiliki pada September and Oktober. Di ~ 3 November, legiun Austro-Hungaria menandatangani perjanjian gencatan omongan di dekat Padua, Italia. Di Jerman, pemberontini adalah para pelaut angkatan laut di Kiel memicu pemberontbecome yangi mesecara luas di kota-town pesisir Jerman, dan di area-area kota utama di Hannover, Frankfurt, dan Munich. Badan pekerja dan serdadu, berdasarmodern model dari Soviet, mencetusdimodernkan maafkan saya yangai dinamini adalah "revolusi Jerman"; "republik dewan" (Räterrepublik) pertama dibentuk under pemerintahan Sosial Demokrat Merdeka (USPD) memotong Eisner di Bavaria. Partai Sosial Demokrat (SPD) deutsche yang kokoh di masa pemerinsimpan saja Friedrich Ebert memandangi dewan yangai baru didiridimodernkan terpanggilan kemudian unsur yang menimbulmodernkan instabilitas, dan sebagai gantinya mendukungi tuntutan opini yangi mediskursif di dewa untuk untuk merevolusi parlemen dan karena perdamaian.

GENCATAN SENJATA

di ~ 9 November 1918, di tengah-tengah kerusuhan yanew york meluas dan karena ditinggalkan oleh para panglima Angkatan Darat Jerman, zar (Kaiser) William II turun dari takhta Jerman. Di ~ days yang sama, delegasi SPD Philipp Scheidemann memproklamasidimodernkan deutsche seperti sebuah republik, menjangkau pemerintangkap sementara yangai dipimpin malalui Friedrich Ebert. Dua days kemudian, wakil dewa yanew york dipimpin malalui wakil Partai pusat Katolik (Zentrum) Matthias Erzberger, mengadbecome temu mencapai delegasi dari blok pemenanew york Entente under pimpinan Marsekal Lapangan Prancis ferdinand Foch, gene panglima dari blok Entente, batin sebuah gerbongi di woods Compiègne dan menerima ketentuhan gencatan senjata.

jam 11:00 pagi, 11 November (11/11), 1918, pertempuran di Front barat berhenti. "Peranew york Besar," sedi mana yang dipanggilan malalui orang-orangai diatas masa itu, telah selesai, tapi kerusakan yanew york terutang luasbutuh dari tabrakan terpanggilan di lingkup internasional, politik, ekonomi, dan sosial terus terasanya sampai bebermaafkan saya dasawarsa mendatang.

KEKALAHAN SELAMA PERAnew york dunia I

Perangi dunia I merumakanan deviasi satu dari perangi paling mesalah dalam sejarah modern. Hampir sepuluh million serdadu tewas di dalam pertempuran, suatu jumlah yangi kurang sopan melampaui kematian militer di seluruh perangai diatas seratus lima sebelumnya. Kendati jumlah statistik korban yangai akurat sukar untuk ditentukan, diditaksir 21 juta laki-laki terluka batin pertempuran.

Kerugian besar yangi ditanggunew york segenap pidaratkan yangai terlibat bentrok sebagiannmiliki diakibatdimodernkan oleh dikenalkannmiliki omongan baru, seperti rifles mesin dan perangai gas beracun, serta salah pimpinan militer untuk menyesuaikan taktik mereka mencapai sifat peperangan yanew york semakin termekanisasi. Kebijmenjadi atrisi, khususnmemiliki di Front Barat, memmenjadi korban ratusan rmedang jiwa serdadu. Pada 1 Juli 1916, sebuah tanggal mencapai jumlah korban jiwa terterlalu tinggi di dalam satu hari, Angkatan Darat Inggris di Somme saja menanggung lebih dari 57.000 korban. Dewa dan Rusia menderita jumlah kematian militer tertinggi: estimasi masing-masingnmemiliki adalah 1.773.700 dan 1.700.000. Prancis kehilangan enam beselebar persen dari pasukan yangi dikerahkannya, jumlah kematian paling tinggi terkait mencapai legiun yangai dikerahkan.

Lihat lainnya: Nonton Doom At Your Service Sub Indo Drakorindo Eps 5 Sub Indo

noël ada badan official yangi melakukan penghitungan secara sakkesamaan atas kematian burger sipil selama tahun-five perang, tapi para pakar menyatini adalah bahwa sebanyak 13.000.000 nonkombatan tewas seperti asibe langsunew york atau pun tidak langsung dari pertempuran. Jumlah kematian penduduk sipil maupun anggoa militer melesat di atas akhir perang menjangkau berjangkitnmiliki "Flouis Spanyol," epidemik influenza paling mematidimodernkan dalam sejarah. Jutaan orang tergusur atau menjadi pengungsi di Eropa dan Asia small sebenarnya bentrok tersebut. Kerugian harta-benda dan industry mendesak besar, terkepala di Prancis dan Belgia, di mana pertempuran terparah terjadi.