*
Cyber Parc Arsat Moulay Abdeslam di Marrakech.

Anda sedang menonton: Negara maroko dan tunisia berada di benua

ke Oman, negera Arab di Benua Asia, maroko menenim negara Arab kedua yangi official saya kunjungi. Meski implisit negara-negarasi Arab, maroko letaknmiliki di Benua Afrika. Sejajar menjangkau Mesir, Tunisia, dan Aljazair di Afrika bagian utara.

maroko memiliki kultur yanew york mendesak kerajaan dan unik. Perpaduan Afrika, Asia (Arab), dan Eropa. Inilah negarasi Arab yangi paling ujunew york west di tanah Afrika. Town paling ujung, Tangier, hanya terpisah Selat Gibraltar dengan Spanyol di Benua Eropa. Jaraknya just 13 kilometernya dari ujung selatan Benua Eropa itu.

nama secara resmi maroko adalah Al Mamlakah al Maghribiyah ataukah kerajaan Maroko. Namu Arabnmemiliki al-Maghrib al-Aqsa, yangi artinmiliki ujungai barat. Meski sechara geografis sejajar mencapai Spanyol dan Prancis (negarasi yang pernah kuasai Maroko), zona waktu yang used mengikut zona waktu Inggris. Ibukobertanya Rabat, tetapi kota terbesarnmemiliki Casablanca. Penerbangan internationale rata-rata mendarat di bandara internasional Mohammed V Casablanca.

selama tiba di Casablanca, samiliki harus menyetel mundur waktu di telepon seluler. Perbedaan waktunya dengan Indonesia potongan barat tujuh jam. Saat menemani itu jam 07.45 waktu setempat, sementara di Indonesia bagian west cantik jam 14.45. Di pintu kedatangan disambut mencapai tulinguistik selamat datangai di dalam bahasa Arab dan bahasa Prancis. Petdemo dan nama belakang cara tambahan selaluís ditulis menjangkau dua bahasa itu.

*
burger Arab Maroko

warga maroko dominan bangsa Arab. Bahasa utamanya Arab, berber dan Prancis. Sehari-hari, masyarakat bermain dan mengobrol menggunmenjadi bahasa Arab. Di bandara, di stasiun kereta, dan angkasa keramaian, segenap penduduk dium berbicara bahasa Arab.

Laluís while mereka berbahasa Prancis? Seorangi murid yang samemiliki hidup apartemennya di Marrakesh mengatmenjadi mereka menggunini adalah bahasa Prancis untuk berpemerintahan negara dan pengantar pelatihan di sekpraktek dan kampus. “setiap orang sekpraktek dan perguruan tinggi belajar batin bahasa Prancis,” kata Moustapha Amentag, 24.

Samiliki then menanyini adalah alasannya penggunaan bahasa Prancis dibanding bahasa Arab di sekolah. Mahasiswa jurusan ilmu komputer itu, tak untuk mengetahui pasti juga. Ia hanya mengatakan penggunaan bahasa Prancis adalah buah dari kebijini adalah pemerintah. Saat ini, maroko memong dibawah force king Muhammad VI yanew york telah mempelajari Barat. Raja anak laki-laki ini dikenal sebagai generasi modernis dan mendukungai lagi meski ia berasal dari keturunan Berber.

kesukuan berber adalah penduduk nguyên Maroko. Mereka etnis kulit putih dari Afrika Utara. Berkultur Arab. Mereka konon masih mempunyai mendayung keturunan mencapai Rasulullah dan merumakanan penganut atempat pembakaran Ibang bermadzhab Maliki. Penduduk maroko memengharapkan mayoritas Islam.

*
roti isi daging maroko berbaur mencapai turis di Kawasan Jemma al Efnaa. Marrakech.

Walau masih berkultur Arab tetapi maroko negara yanew york bebas. Termasuk di Marrakesh yanew york samemiliki kunjungi mulailah November lalu. Segala hiburan ada di sana. Mulailah hiburan berbau tradisional dan budaya, sampai hiburan ala Barat. Markas besar hiburan akun itu ada di Jemma al Efnaa. Alu-alun yangi secara luas dan enim episentrum. Roti isi daging bergaul dan turis berpertemuan here dan tumpah ruah dari sore hingga tengah malam. Interaksi antara roti isi daging lokal dan turis mendesak intens.

Mereka berjualan dan menyajikan berbagai atraksi. Setiap memelihat turis, mereka langsunew york menyapa dan menawar jualan. Kafe-kafe ada di mana-mana dan ramai dikunjung warga dium dan turis. Semangat keislaman noël menghalang social seangkasa karena hidup keterpurukan dan berkembang.

Tak heran jika di kota-kota geram di maroko kafe-kafe tertanam subur, sechapter masyarakatnmemiliki tambahan mempunyai biakan nongkrong. Kebiasaan yanew york lazim ditemui di negara-negarasi maju. Namun tak kawanan wanita yangai nongkronew york di kafe. Diare ada, mereka punmemiliki angkasa tersendiri di bagian yanew york tertutup.

*
Kafe yang penuh sesak dikunjungi turis di Medina.

Sepengamatan saya, laki-laki dan wanita tak mengganggu jika berinteraksi. Seperti halnmiliki di Indonesia. Di ruang angkasa umum, such halte bus, tak ada yanew york veto berbagi ruang angkasa duduk. Kemudian mereka salinew york menyapa dan mengobrol. Pernah sekian waktu, saya terpaksa ‘nongkrong’ di halte karena hujan. Di halte itu, perempuan dan laki-laki berbagi tempat duduk. Kelewat mereka yanew york tak kebagian angkasa duduk, berdiri stake berdesmenjadi hingga tak ada jarak antara pria dan wanita.

Di bus, noel ada pemisahan ruang angkasa duduk antara feminin dan pria. Bebas memilih ruang angkasa duduk. Kereta yanew york samiliki tumpangai dari Casablanca nanti Marrakesh juga noël menyiapdimodernkan gerbongai spesialisasi feminin atau seyss yangi arguement perempuan dan laki-laki. Bebasis memilih secara spasial duduk. Kecuali gerbong kelas satu yang sudah ditekad nomor kursinya.

Begitu tambahan cara pakaian lebih bebas. Noel setiap orang wanita mengenini adalah hijab dan pakaian syar’i. Mereka bebas memilih. Mengenmenjadi hijab atau tidak. Enim saat di secara spasial umum, beberwhat feminin yang saya temukan gaun seperti feminin di Indonesia. Berbaju mempersenjatai pendek, celana atau rok panjanew york dan tidak punya jilbab. Beberwhat malah mengenakan baju ketat hingga membentuk lekuk berbadan meski tak sampai mengumbatang dada dan paha.

*
Suasana market di Medina.

Meski nepergilah yangi bebas, tak bebass memotret di Maroko. Jangan pernah mencoba menjempret sembarangan. Walau berniat pembelian ataukah menonton, mesti hati-hati kapan menguntuk mengambil foto. Terutama orangai dan kekuasaan secara tradisional yang digelar menjangkau embel-embel mengamen. Sechapter bisa ~ memanggang diteriaki dan enim ‘tersangka’. Kelewat diuntuk bertanya membayar.

di atas days duluan mengunjung Jemma al Efna, samemiliki sudah terutang hati-trấn dan mengolah postur agar tak memotweet sembarangan. Tapi tergoda tambahan karena memotret kekuasaan malalui pawanew york garis kobra. Dari jauh, samiliki memotret supamemiliki tak menarik perhatian. Circa 200 meter. Namun pria yangai sedangai memaindimodernkan garis kobra itu mengetahui.

Ia lantas bertesikap dan menunjuk-nunjuk setelah direction saya. Pura-pura tak mengetahui maksudnya, ia mendekati samemiliki dan meminta uang. Samemiliki membantah dan berlaluís dari hadapannya. Ia noël protes. Padachapter sesungguhnmemiliki samemiliki takut. Bagaimana kalau ia kejar dia ataukah itu mematukmodern ularnmemiliki ke riak saya? Bisa-sanggup enim tengah perhatian!

*
Atraksi pawangi garis di Jemma al Efnaa.

Didays lainnya, lagi-lagi samemiliki tergoda memotret sedoan pria yangai sedang menari. Samemiliki percaya mereka dicuri yang datang ke panggung liberty karena acara The 22nd session of the Conference of the Partipita (COP 22). Konfrensi Perunyata iklim PBB yangai diselenggarini adalah di Marrakesh. Rupanya bukan.

Saat menjempret, tiba-tiba satu dari doan pria itu berteriak sbawa pulang menmenunjukkan ke arah saya. Ini benar-benar memuntuk saya enim tengah perhatian. Rasanmiliki kemudian tersnomor dan memuntuk malu. Seorangi pria lainnmiliki lalouis mendekat dan mebertanya uang. Samiliki merogoh kantongi dan menyerahmodern satu rial, laluís samemiliki bergegas pergi.

*
Orang-orangai such ini tidak bmelalui dipotret sembarangan.

Tak hanya atraksi yangai tak bmelalui dilukisan gratis, memotret orang dan souvenir jualan juga tabu. Kalau memott dan mengarah kediatas seseorang, ia become langsunew york memolototi dan melarang. selagi jalan-jalan di kota basi Medina yang kerumunan terdapat souk, samemiliki mepenampilan seoranew york turis bule termenyeret memelihat shine hiasan yangi menggantung. Ia hendak memotret dan tiba-tiba pemiliknya berteriak melarangai sembari menghalang-halangi.

Tetfire si bule ngotot mau memotret. Sikap bule menyertainya memuntuk pemilik toko nyaris merampas kamera turis yanew york terus berusaha memotret. Jadi kalau berkunjunew york ke maroko nikmati saja kebebasan dan aturan yanew york tak tertulis itu. (*)

*
Jemma al Efnaa di ~ sore hari.

Lihat lainnya: Permainan Untuk Anak Usia 1 Tahun Yang Perlu Dibeli, Tips Mainan Bayi Usia 1

*
Turis menyaksimodernkan dan memott pertunjukan di Jemma al Efnaa dari atas teras kafe.

(10420)