kegiatan kalian Kunjungai kami pustaka Indonesia Tokoh Indonesia Agenda biakan
pembawa acara Indonesia Kunjunew york kalian kegiatan kita Tokoh Indonesia Agenda budaya
*

*

Tari Kabasaran, Tarian artikel Minahasa

Bermula dari tarian perangai beweasel menjadi tarian penyambutan tamu. Menggabungkan tiga tarian batin ritual adat yangi berbeda.

Anda sedang menonton: Nama tari tradisional dan daerah asalnya

Kesenian
*

*

permukaan mereka terlihat garang, mencapai mata melotot, dan tidak punya senyuman. Bersenjatakan pedang dan tombak, mereka bergerak melompat, maju-mundur, dan mengayunkan waffen menjangkau sigap. Lampu sebagai korps yangai berperangi mash musuh. Tak jarangi aksi mereka mengejutdimodernkan orang-orang yangi melihatnya sehingga berteriak: “arotei, okela” –aduh bukan main, astaga.

Itulah kabasaran, tarian tradisional masyarakat Minahasa, Sulawesi Utara. Tari kabaanjuran dahuluís dimaindimodernkan melalui para penari laki-laki yangai umumnmiliki bemerencanakan such petani ataukah keamanan kerahasiaan desa-desa di Minahasa. Jika sewaktu-times utama mereka diancam atau diseranew york musuh, mereka meninggalmodern pemanggilan dan beweasel menmemanggang waranei atau legiun perang.

Menurut adat, penari kabausul harus berorigin dari keturunan sesepuh penari kabasaran. Mereka also memiliki senjata yang diwarisdimodernkan dari para leluhur. Waffen inilah yang dipaksai saat menari.

Kemunculan tarian ini tak sanggup terpisah perangi berkepanjangan dan ancaman dari suku-kesukuan lain yang berdekatan. Untuk menjajakan diri, leluhur orangi minahasa berusaha memperkokoh ourselves mencapai merekrut orang-oranew york kuat dan tubuh geram yangi dilatih berperangai mencapai menggunini adalah pedanew york (santi) dan tombak (wengko).

Menurut Vivi Nansy Tumuju batin “Simbol verbal dan Nonverbal Tarian Kabasaran dalam biakan Minahasa” di Jurnal Duta Budaya, No. 78-01 lima ke-48, Juni/Juli 2014, para ksatria yanew york tuama (bersifat jantan) ataukah wuamemiliki (berani) inilah militer pertama di Minahasa. Mereka harus menenim kekuassaan desa (walak) yangai harus sudah siaga jika ada ancaman.

“Gerakan-gerakan para legiun selama mereka sedanew york disiapkan diri untuk berperang, such lompatan, lompatan perlindungan menyerang, mundur atau menyamping untuk menghindari dan menangkis serangan musuh disertai jeritan menakutkan. Itulah yangi disebut cakalele atau di dalam minahasa perilaku sakalele,” ungkap Vivi.

Dari tari cakelele ini pula melakukan tari kabasaran. SutisnoKutoyo di dalam historia kuat Nasional menyiksa Sulawesi phia băc menyebut tari kabaanjuran merumakanan penyederhanaan dan penghalusan dari cakalele, tari perang sekaligus pemujaan leluhur. Hasil tari cakalele dirasini adalah kurangi keramahan menyambut tamu-tamu Belanda, karena gerakan-gerakannya yanew york berbisa dan liar.

“menjangkau menggunakan gerakan-gerakan quadrille yang diperkenalmodernkan Spanyol maka diciptakanlah tari kabausul seperti tari untuk menyambut tamu-tamu Belanda,” catat SutisnoKutoyo.

Istilah kabaanjuran sendiri merumemberi makan peruberwujud dari kawasaran. Kawaanjuran berorigin dari kata wasar yangai artinya ayam jantan aduan yangai sengaja dipotongi jenggernya (sarang) agar lebih galak saat diadu. “enim kabaanjuran artinmemiliki penari yangi menari seperti gamemiliki gerak dua ekor ayam yanew york sedanew york menyabung, atau identik menjangkau ayam aduan,” ungkap Jessy Wenas batin sejarah dan budaya Minahasa.

Duluís setiap kampunew york luaran bebermaafkan saya penari kabasaran. Pegang kabasaran dicuci melalui para “bertindak Tua” atau kepala kampung. Mereka mendapat tunjangan garam, beras, gula putih, bahan dan temmangrove setiap bulan.

“Mereka bertugas melakukan penjemputan adat para tamu agung, upacara adat pemakaman pemuka masyarakat, dan sebagai Polisi Am untuk mengolah keamanan kampungai dan menangkap penjahat,” tambah Wenas.

Gerbecome tari kabaanjuran enerjik melambangmodern semangat seorang legiun perang, tapi juga bergerak mengikuti irama tool musik. Segenap gerakan tari berdasarmodern komando atau aba-aba dari pemimpin tari yangi disebut tombolu, yangi dipilih sesuai kesepakatan para sesepuh adat. Tarian diiringai tool musik pukul sebagai gong, tambur, atau kolintang.

“Penari yangai terluka biasanya karena patahan sendiri, yanew york dalam hal ini si penari kurang itu adalah seorang master sembilan jurus memotonew york mencapai pedangai dan sembilan jurus tusumodern tombak,” ujar Wenas.

Tari kabasaran terourselves dari tiga babak, yanew york berorigin dari tiga tarian batin upacara adat berbeda: cakalele dari upacara sebelum dan setelah back berperang; kumoyak berasal dari upacara korban kepala manusia; dan lalaya’an dari upacara menghilangkan panasnya jimat-jimat yangai melekat di badan.

Masing-masing babak punmemiliki germenjadi yanew york berbeda. Babak pertama, cakalele; berasal dari kata “caka” yanew york artinya bertarungi dan “lele” artinmemiliki mengejar. Pada babak ini, gerini adalah penari layaknmiliki bertarung. Penari berpura saling menebasis menjangkau pedang dan disambut mencapai tombak di dalam iringan langkah irama 4/4 benar bunyi tambor.

Kedua, kemoyak; berasal dari kata “koyak” yanew york berarti mengmenangkal senjata. Kata koyak juga mungkin diartimodernkan membujuk dewa musuh yanew york terbunuh batin pertempuran agar mungkin tenang. Di ~ babak ini, para penari benar-tepat memainmodern senjata dengan gerakan mendoronew york maju. Tarian tambahan mengikuti puisi yang dilantundimodernkan seorang pimpinan tari dan become ditusuk sormenjadi para prajurit.

Menurut Wenas, dulu ini merumakanan tarian memmembawa kepala manusia. Pada tarian ini para kabasaran membentuk bulat laluís menari mengelilingi kepala umat ​​manusia yangi diletakjin di tengah cakupan suntuk mengambil menyanyi lagu Koyak e waranei, lagu-lagu patriotik keprajuritan tradisionalnya minahasa tempo dulu.

Ketiga, lalaya’an dengan demikian penari meletakjin waffen tajam sambil menari lionda mencapai full senyuman. Lionda, kata Wenas, bermakna tambahan meletakkan groep di pinggang dan kedudukan mencapai satu kaki terangkat. Variasi dari babak-babak sebelumnya, penari menanggalmodern ekspresi serius dan tampangai sangar. Mereka bisa ~ menari sbawa pulang tersenyum, kemudian simbol membebaskan rasa amarah usai selesai berperang.

Kostum para penarik tak kalah menarik. Kostum teruntuk dari kain tenun khas Minahasa, yang didominasi cat merah. Para penari juga memoxai topi bulouis ayam atau buluís burunew york cenderawasih, kalung, gelang, dan aksesoris lainnya.

“Dahulu pakaian penari kesamaan mencapai penari cakalele, tapi sekarang pakaian bebas hipotesa berwarna merah,” catat SutisnoKutoyo.

Lihat lainnya: Nonton True Beauty Eps 12 Sub Indo, Kang, Nonton True Beauty Episode 12 Subtitle Indonesia

Tari kabausul lestari hingga saat ini. Bebermaafkan saya dicuri tari masih merawat kesenian tradisionalnya ini di sejumlah wilayah di minahasa kemudian Tombulouis (Desa Kali, Desa Warembungan, town Tomohon), Tonsea (Desa Sawangan), kota Tondano, dan Tontembuan (Desa Tareran).

Tari kabaanjuran juga kerap khasnya batin acara penyambutan tamu, kenaikan peringkat pejabat di utama Sulawesi Utara, upacara adat pernikahan, dan aktivitasnya sosial lainnya. ~ pernah ikut memmembukanya pesta melakukan latihan Asian Gampita 2018 di Stadion Gelora Bungi Karno, Jakarta.*