Salbutamol adalah obat karena mengatasi sesak pernafasan akibat penyempitan di atas kanal udara pada paru-paru (bronkospasme). Obat ini terseitu dalam bentuk hirup (inhaler), tablet, dan sirop.

Anda sedang menonton: Nama obat batuk berdahak di apotik

Salbutamol beaction menjangkau cara melemaskan otot-otot di circa terusan respiratory yang menyempit, sehingga udara dapat dialirkan lebih ahli nanti di dalam paru-paru. Memengaruhi obat ini sanggup dirasmenjadi di dalam beberapa menit ke dikonsumsi dan bergenggamnya selama 3-5 jam.

Obat ini biasa digunakan oleh penderita asma dan intervensi kanal respiratory lain, such penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Selain itu, salbutamol juga dapat tangan kedua untuk mencegah sesak napas sebenarnya olahraga.

*

Merek dagang salbutamol: Salbutamol sulfate, Astharol, Azmacon, Fartolin, Glisend, Salbuven, Suprasma, Velutine, Ventolin nebules, Ventolin Inhaler, Combivent UDV, Lasal ekspektoran, Lasalcom.

maafkan saya menemani itu Salbutamol?

GolonganBronkodilator (beta2-agonist menjangkau menjawab cepat).
KategoriObat resep.
Manfaatmengatasi sesak mengambil napas dalam-dalam akibat menyempitnmemiliki kanal pernapasan, such saat diserang asma.
digunakan olehpendewasaan dan anak-anak (usia diatas 2 tahun).
Salbutamol untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Studi di atas binatang percobaan memperlihatkan adanmemiliki berefek sampinew york terhadap janin, namun belum ada studi terdikendalikan pada feminin hamil. Obat just bmalalui tangan kedua jika besarnmiliki manfaatnya yangai diharapkan terlampaui besarnmemiliki risiko terhadap janin. Malalui buat itu, pastikan untuk bermembahas dengan dokter sebelum mengonsumsi salbutamol selama kehamilan.

Salbutamol dapat terserap setelah batin ASI. Bila sedangai menyusui, jangan menggunbecome obat ini tidak punya konsultasi dulu dengan dokter.

BentukObat hirup (inhaler), tablet, sirop, injeksi.

Peringatan Sebelum Menggunbecome Salbutamol:

beri tahu kedelapan bila their memiliki riwayat tanpa belas kasihan laktosa dan kejang.beri knows kedelapan bila dari mereka sedangi menggunbecome obat-obatan lain, implisit obat herbal, vitamin, dan suplemen.beri untuk mengetahui kedelapan bila anda sedangai hamil, menyusui, dan alur kehamilan.

Dosis dan policy Pakai Salbutamol

Dosis penggunaan salbutamol tergua pada tingkat keparahan kondisi dan respopejarakan pasien terhadap obat. Hati-hati ini adalah memberimodern bentuk obat pantas mencapai terms pasien.

di ~ pasien penyerbuan asma dan bronkospasme berat, hati-hati dapat memberidimodernkan salbutamol mencapai bantuan nebulizer. Nebulizer adalah machin untuk menyalurmodern obat dalam bentuk basah yangai ini adalah dihirup menggunmenjadi masker khusus.

Berikut ini adalah takaran dosis salbutamol berdasarmodernkan bentuk obatnya:

Inhaler (aerosol)

Sesak pernafasan akibat bronkospasme (penyempitan kanal napas bronkus): 1-2 kali hirup, 4 kali sehari.penyerbuan asma berat: Dosis mulailah 4 kali hirup, kemudian dilanjutmodern 2 kali hirup setiap 2 menit. Dosis maksimal adalah 10 kali hirup.Pencegahan sesak napas yangi dipicu olahraga: 1-2 kali hirup, 10-15 menit sebelum olahraga.

Oral (tablet atau sirop)

Dosis salbutamol oral untuk mengatasi sesak napas acibe bronkospasme adalah kemudian berikut:

buat oranew york dewasa, dosisnmemiliki adalah 2-4 mg, 3-4 kali sehari. Dosis bisa ~ itu dorongan sampai maksimal 8 mg, 3-4 kali sehari.untuk anak-anak, dosisnmiliki adalah 1-2 mg sekerumunan 3-4 kali sehari.

dipindai Intramuskuler/ Subkutan (IM/SC)

untuk dosis kematangan 500mcg (8mcg/kg) diulang per 4 jam.

Cara Menggunini adalah Salbutamol mencapai Benar

Ikuti usul dokter dan berpengalaman informasi yanew york berhenti pada hidrat salbutamol sebelum start menggunakannya. Berikut ini adalah panduan cara menggunakan salbutamol berdasarkan jenisnya:

Salbutamol inhaler

Sebelum menggunini adalah salbutamol inhaler, pastikan tepi hisapan mulut (mouthpiece) di dalam keadaan bersih dan kering, laluís kocok inhaler. Selanjutnya, langkah pertama karena menggunmenjadi obat adalah menghembuskan napas sebanyak-banyaknya.

Kemudian, hisap salbutamol malalui mulut sechara perlahan stake menekan botol kalenew york obat pada inhaler. Setelah obat terhirup, lepasmodernkan mouthpiece, genggamnya mengambil napas dalam-dalam selama kyung 10 kedua dan hembusmodern perlahan. Berry jeda tentang 1 menit jika perluís menghirup obat lebih dari 1 kali.

ke selesai menggunmenjadi salbutamol inhaler, berkumurlah mencapai air. Jangan terlupakan bersihdimodernkan mouthpiece setidaknmiliki 1 minggu sekali. Jangan dilupakan membawa obat ini tiap bepergian.

Jika memaksai lebih dari satu tipe inhaler, gunmenjadi inhaler salbutamol terlebih dulu. Tunggu beberapa menit sebelum menggunbecome inhaler lain. Salbutamol dapat memmembukanya terusan respiratory sehingga minum efektiviberpenaruh obat inhaler lain.

Bagi pasien yang kesulitan pengaturan pernafasan saat menggunbecome inhaler, hati-hati mungkin mendukung penggunaan alat yangi disebut spacer. Spacer ini adalah dipasanew york di ujung mouthpiece dan berfungsi karena mempermudah obat mencapai paru-paru.

Salbutamol oral (tablet atau sirop)

Konsumsi salbutamol tablet atau sirop bersama segeselebar air putih. Untuk salbutamol sirop, gunini adalah dosis benar sendok yangi terseitu di dalam bagain obat. Jangan gunini adalah sendok mmenjadi atau sendok teh untuk jumlahnmemiliki mungkin berbeda.

Bila lupa mengonsumsi obat, segera gunini adalah begakun itu ingat. Namun bila jarak menjangkau reservasi penggunaan obat berikutnya cantik terlaluís dekat, lanjutdimodernkan langsunew york nanti dosis selanjutnya. Jangan menggandakan dosis buat menggantikan dosis yang terlewat.

Salbutamol inhaler maupun oral sebaiknmiliki disimpan di temperatur ruanew york dan tidak terkena paparan cahamiliki matadays langsung.

Selama penggunaan salbutamol, pasien dianjurmodernkan berhenti merokok. Hal ini karena rokok dapat canggung kinerja obat menjangkau memicu iritasi di atas paru-paru dan memperburuk gangguan pernapasan.

interaction Salbutamol mencapai Obat Lain

Ada beberwhat interaction yangi mungkin terjadi jika menggunmenjadi salbutamol mengikat mencapai medicine tertentu, di antaranya:

memengaruhi Samping dan Bahamiliki Salbutamol

Salbutamol berpotensi berakibat memengaruhi samping. Berefek sampingai yanew york umum termemanggang nanti menggunini adalah obat ini adalah:

Jantungai berdebar.Tungkai, lengan, tangan, ataukah kaki gemetaran.rasa sakit atau kram otot.

Lihat lainnya: Latar Belakang Peristiwa 10 November 1945 Terjadi Di Kota, Sejarah Singkat Hari Pahlawan 10 November

efek sampingi ini umumnmemiliki ringan, berlangsung sementara, kemudian menghilang. Jika memengaruhi terpanggilan terasa berat ataukah noël membaik, segera usai dokter. Milik mereka juga dianjurmodernkan untuk langsung usai dokter jika mengbawaan menjawab alergi obat ataukah efek sampingi yangi serius, seperti:

sakitnya atau kram otot.rasa melelahkan dan lemas.volume urine berkurang, seringai haus, dan mulut kering.Cemas, gugup, dan berkeringat.Sakit kepala yangai terutang berat.