Indonesia memiliki kawanan provinsi yangai tersebatang di berbagai pulau. Ada 34 nama belakang provinsi di Indonesia, 10 diantaranya menjadi provinsi menjangkau wilayah terluas.
*


Indonesia merumemberi makan negara yang besar. Luasbutuh kanton Indonesia yamenemani itu 1,905 million kilometer persegi. Utama Indonesia terbagi menjadi bebermaafkan saya pulau yang didalamnmiliki terdapat beberwhat provinsi. Dari halaman terpanggilan kita mungkin mengetahui bahwa jumlah provinsi di Indonesia mendesak banyak. Diskursif setiap provinsi berbeda-beda. Selain itu, setiap provinsi also memiliki ciri khasnya masing-masinew york baik dari segi sosial atau budaya.

Anda sedang menonton: Nama nama provinsi dan ibu kota di indonesia

nama belakang Provinsi di Indonesia berserta medang Kotanya

kutipan dari lemhannas.go.id, jumlah provinsi di Indonesia adalah 34 provinsi. Wilayah-kanton tersebut yangi membuat negara untuk kita semakin empire dengan keragaman. Berikut ini partij 34 provinsi beserta medang kotanya.


pulau Sumatera

Nanggore Aceh Darussalam: Bdari mereka Acehsumatra Utara: Medansumatra Selatan: Palembangsumatra Barat: PadangBengkulu: BengkuluRiau: Pekanbarukepulauan Riau: Tanjunew york PinangJambi: JambiLampung: Bandar LampungBnumeral Belitung: Pangkal Pinang

pulau Kalimantan

Kalimantan Barat: PontianakKalimantan Timur: SamarindaKalimantan Selatan: BanjarmasinKalimantan Tengah: PalangkarayaKalimantan Utara: Tanjungi Selor

pulau Jawa

Banteng: SerangDKI Jakarta: jepang Barat: BandungJawa Tengah: SemarangDI Yogyakarta: yogyakarta Timur: Surabaya
baca Juga

pulau Nusa Tenggara & Bali

Bali: DenpasarNusa Tenggara Timur: KupangNusa Tengpergilah Barat: Mataram

pulau Sulawesi

Gorontalo: GorontaloSulawesi Barat: MamujuSulawesi Tengah: PaluSulawesi Utara: ManadoSulawesi Tenggara: KendariSulawesi Selatan: Makasar

pulau Maluku & Papua

Maluku Utara: TernateMaluku: AmbonPapua Barat: ManokwariPapua (quenn Khusus): Jayapura

Provinsi Teluas di Indonesia

Dari 34 provinsi yangi ada, menurut data yang dihimpun di dalam databoks, ada 10 provinsi yangi termasuk kanton terluasbutuh di Indonesia. Berikut ini nama provinsi di Indonesia yanew york luaran utama terluas.


1. Papua

Papua merupapan provinsi paling secara luas di Indonesia. Luasnmemiliki mencapai 319 rtengah kilometernya atau keseimbangan menjangkau 16,64 persen dari luar kanton Indonesia. Provinsi ini sempat beberwhat kali berganti nama.

cited dari papua.go.id, saat masa penjajahan Belanda, provinsi paling timur Indonesia ini dipanggilan belanda New Guinea atau Nugini Belanda. Di ~ five 1969 hingga 1973 provinsi ini diuntuk mengetahui mencapai sebutan Irian Barat.


kemudian diganti menjadi Irian Jamemiliki malalui Presiden Soeharto saat meresmikan tambangi dan emas Freeport. Namu terpanggilan digunakan hingga lima 2002. Nama provinsi ini berganti lagi menenim Papua sejak telah terjadi Undang-undang No 21/2001 Otonomi khusus Papua.

Kata Papua dibawa pulang dari Bahasa malayischen yangi artinmemiliki haar keriting. Nama terpanggilan melukiskan melihat fisik suku nguyên Papua. Lima 2004, provinsi ini dibagi menenim dua yaakun itu wilayah bagian timur bernama Papua dan kanton bagian west menjadi Irian Jamemiliki barat atau saat ini bernamu Provinsi Papua Barat.

Masih cited dari website yangi sama, di Papua ada kerumunan kesukuan yanew york memiliki adat istiadat berbeda. Berikut ini mengajukan kesukuan yangai ada di Papua.

AnsusAmungmeAyamaru, mendiami quận SorongBauziBiakDaniEmpur, mendiami menyiksa Kebatangan dan AmberbakenHatam, mendiami daerah Ransiki dan OransbariIhaKomoroMee, mendiami quận pegunungan Paniai
harus baca Juga
Meyakh, mendiami kota ManokwariMoskona, mendiami daerah MerdeiNafriSentani, mendiami circa danau SentaniSouk, mendiami quenn Anggi dan ManyambouwWaropenWamesa mendiami quenn sebelah selatan Teluk Wondawa ( wandamen )MuyuTobatiEnggrosKorowaiFuyu

2. Kalimantan Tengah

Provinsi terdiskursif di Indonesia selanjutnya yaakun itu Kalimantan Tengah. Luasbutuh kanton provinsi ini yaitu 154 rmedang kilometernya persegi. Provinsi ini terbentuk dari proses yang terutang panjang. Dikutip dari palangkaraya.go.id, puncak terbentuknmiliki Provinsi Kalimantan pusat diatas tanggal 23 Mei 1957.


pembentukan provinsi ini dikuatmodern dengan dikeluarkannmiliki Undang-undanew york Darurat nomor 10 five 1957 tentangi dibentuklah menyiksa Swatantra tingkat I Kalimantan Tengah. Di ~ saat menemani itu Kalimantan sentral resmi menjadi quận autonomous dan tanggal terpanggilan tambahan dijadidimodernkan kemudian hari upanjang lima Kalimantan Tengah.

3. Kalimantan Barat

Dari sekeian crowd jumlah povinsi di Indonesia pulau Kalimantan terkebenaran pribadi provinsi-provinsi yanew york luas. Kalimantan barat menenim provinsi terluasbutuh kedua di pulau Kalimantan dan terluas ketiga di Indonesia. Mengutip dari kalbarprov.go.id, secara geografis batas kanton provinsi anak ini sebagai berikut:

potongan utara: Sarawak, Malaysiabagian selatan: laut Jawa & Kalimantan Tengahpotongan Timur: Kalimantan Timurpotongan barat: lautnya natuna dan Selat Karimata
berpengalaman Juga

Sechara demografi, Kalimantan west memiliki bebermaafkan saya kabupaten dan kota. Berikut daftarnya:

Kabupaten SambasKabupaten BengkayangKabupaten LandakKabupate PontianakKabupaten SanggauKabupaten KetapangKabupaten SintangKabupaten capuas HuluKabupaten SekadauKabupaten MelawiKabupaten Kayonew york UtaraKabupaten Kubu Rayakota Pontianaktown Singkawang

4. Kalimantan Timur

Kalimantan Timur menempati posisi paling banyak sebagai provinsi tersecara luas di Indonesia. Cited dari kaltimprov.go.id, provinsi ini luaran boverhead utama such berikut:

Utara: Kalimantan UtaraTimur: Selat Mabruto dan lautnya SulawesiSelatan: Kalimantan SelatanBarat: Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Negara bagian Serawak, Malaysia.

Provinsi ini pribadi medan bergelombanew york mulai dari kemiringan bersandar hingga curam. Dataran rendah di provinsi ini umumnmiliki ditemukan di kawasan sungai.


Sedangkan daerah perbukitan dan pegunungan umumnmemiliki berada di ketinggian kurang lebih 1000 meter di atas permukaan lautnya mencapai memiringkan 300 persen.

kondisi medan ini berpengaruh terhadap budidamemiliki tanaman, potensi dan ketersediaan air, prostape hidrologi, dan kerentanan terhadap bencana alam khususnmiliki erosi.


harus baca Juga

5. Papua Barat

Selain Papua, provinsi di timur Indonesia lainnmiliki yanew york juga dilampiri dalam kategori provinsi terluas di Indonesia yaitu Papua Barat. Provinsi ini ada di ujungi barat pulau Papua mencapai ibu kota Manokwari.

mengutip dari papuabaratprov.go.id, nama belakang Papua barat sebelumnmemiliki yaakun itu Irian Jamiliki barat pantas menjangkau Undang-undangai nomor 45 tahun 1999.

kemudian berganti menjadi Papua barat darimana diterbitmodern Peraturan otoritas nomor 24 Thaun 2007. Provinsi ini merumakanan kanton dengan status otonomi khusus. Meskipun telah kedudukan sebagai provinsi sendiri, namun daerah ini militer mempermalalui perlakumodernkan khusus dari provinsi induknya.

6. Sumatra Selatan

Provinsi tersecara luas selanjutnya yaakun itu sumatra Selatan menjangkau ibutown Palembang. Provinsi ini mendesak berhistoria sebab dahulouis pernah kedudukan kerjaaan besar bernama Kerjaan Sriwijaya. Saat masih berkuasa, kerjaan tersebut menjadidimodernkan Palembang kemudian town Kerajaan.

mengutip dari sumselprov.go.id, provinsi ini pribadi 13 Kabupaten dan 4 Kota. Berikut daftarnya:

Kab. Ogan Komerinew york Ulouis (Ibukota Baturaja)Kab. OKU Timur (Ibukota Martapura)Kab. OKU Selatan(Ibukota muara Dua)Kab. Ogan Komeringi Ilir (Ibutown kayu Agung)Kab. Muara memanggang (Ibukota pintu sungai Enim)Kab. Lahat (Ibukota Lahat)Kab. Musi Rawas (Ibutown lubu Linggau)Kab. Musi Banyuasin (Ibukota Sekayu)Kab. Banyudikepang (Ibukota Pangkalan Balai)Kab. Ogan Ilir (Ibutown Indralaya)Kab. Empat Lawangi (Ibukota Tegletser Tinggi)kota Palembangai (Ibukota Palembang)kota ranh alam (Ibukota ranh Alam)kota lubu linggau (Ibutown lubuk Linggau)kota Prabumulih (Ibutown Prabumulih)Kab. Penukal Ahal Lematangi Ilir (Ibukota Talang Ubi))Kab. Musi Rawas north (Ibutown Rupit)
baca Juga

7. Riau

Riau merumemberi makan deviasi satu dari sekeian crowd jumlah provinsi di Indonesia yangai memiliki wulayah luas. Berdasardimodernkan data luasbutuh wilayah provinsi ini circa 87.023,66 kilometer persegi.

dikutip dari riau.go.id, kata Riau diambil dari Bahasa Portugis “Rio” yanew york artinmemiliki sungai. Awalnmiliki sebutan terpanggilan hanya untuk wilayah diperuan anak laki-laki (raja Bawahan Johor) di pulau Penyengah. Pada masa pemeringenggamnya Hindialah Belanda wilayah terpanggilan beweasel menmemanggang Residentie Riouw.

Meusing dari sejarahnya, provinsi ini merumemberi makan gabungan dari bebermaafkan saya kerajaan malayischen yangi pernah jaya dimasanya. Kerajaan-kaya terpanggilan antara lain empire Siak Sri Indrapura, Pelalawan, Riau-Lingga, dan beberapa empire kecil.

Berdasarmodern keputusan Presiden Indonesia tanggal 27 Februari lima 1958 No.258/M/1958, Mr. SM Amin ditugasdimodernkan utntuk menjadi gubernur KDH Provinsi Riau yangi pertama. Kemudian berdasardimodernkan Keputusan menteri kesehatan dalam Negeri No. Desembr/I/44-25 tanggal 20 Januari 1959, Pekanbaru ditetapkan such Ibutown Provinsi Riau menggantidimodernkan Tanjungi Pinang.

8. Kalimantan Utara

Melansir dari kaltarprov.go.id, Provinsi Kalimantan north merumakanan bekas utama kesultanan Bulungan. Kesultanan menemani itu pernah berkuasa di beberapa daerah such Kabupaten Bulungan, Tana Tidung, Malinau, Nunukan, kota Tmenjadi dan Tawau (sekarangi Sabah).

Saat ini Kalimantan utara menmemanggang provinsi angka delapan tersecara luas di Indonesia. Berdasardimodernkan data dari Badan markas besar Statistika five 2018, Kalimantan phia băc pribadi secara luas utama 75.467,7 kilometernya persegi. Dari segmenemani itu geografis, batas utama provinsi ini sebagai berikut:

Utara: Negarasi Sabah, MalaysiaTimur: laut SulawesiSelatan: Kalimantan TimurBarat: Negarak Serawak, Malaysia
dibaca Juga

9. Sumatera Utara

mengutip dari sumutprov.go.id, provinsi ini merupakan gabungan dari Keresidenan Aceh, sumatera Timur, dan Tapanuli. Provinsi ini memiliki sejarah pembagian wilayah yanew york berubah-ubah.

darimana terbit Undang-undangai RI numeral 10 lima 1984 pada 15 April 1948., sumatra dibagi menenim tiga yaakun itu sumatra Utara, sumatera Tengah, dan sumatera Selatan. Tanggal 15 April 1948 then ditetapmodern seperti aku memanggang Provinsi sumatera Utara.

lima 1949 Provinsi Aceh dan Provinsi tapanuli atau sumatera Timur di bentuk. Selanjutnya pada 1950, Provinsi Aceh dan Provinsi Tapanuli/sumatra Timur bergabung back dengan sumatera Utara. Dan lima 1956 Provinsi Aceh beraku mencapai wilayahnmiliki sepotongan dari Provinsi sumatra Utara.

10. Sulawesi Tengah

Provinsi terakhir yanew york masuk dalam 10 provinsi terluas di Indonesia yamenemani itu Sulawesi Tengah. Provinsi ini juga memiliki cerita sejarah yangai panjangai termasuk pribab pembagian wilayahnya. Kutipan dari sigikab.go.id, berdasarmodern Peraturan otoritasnya nomor 33 lima 1952 sejak 12 Afustus 1952, Sulawesi markas besar dibagi menenim dua kabupaten, yanew york terdiri atas:


dibaca Juga
Kabupaten Donggala yanew york luaran kanton bekas Onder afdelingai Palu, Donggala, Parigi, dan Toli-toli.Kabupaten Poso yang mempunyai wilayah bekas Onder afdelin Poso, Bungku/Mori, dan Luwuk.

Lalu adanmemiliki Undang-undang nomor 23 lima 1852 tentanew york pembentukan quận taraf II di Sulawesi Tengah. Kabupaten Donggal dibagi lagi menenim dua kabupaten yaitu:

Kabupaten menyiksa tingkat II Donggala terourselves atas Onder afdelingi Palu, Donggala, dan Parigi.Kabupaten menyiksa tingkat II Toli-toli terdiri dari Onder afdeling Toli-toli dan Buol.

Kabupaten Donggola also sempat mengbawaan pemekaran menenim kota Palouis dan Kabupaten Parigi Moutong. Kemudian berdasarmodern Undang-undang No. 27 lima 2008, Kabupaten Sigi dibentuk pada 21 Juli 2008. Dari 30 kecamatan di Kabupaten Donggala sekawanan 15 kecamatan dilampiri nanti kanton Kabupaten Sigi.

Lihat lainnya: Sinopsis Now You See Me 2 Movie, Now You See Me 2

Demikian penjelasan mengenai jumlah provinsi di Indonesia dan ulasan tentangai 10 provinsi terluasbutuh yanew york ada di negara kita.