Blood disorder atau penyakit kelainan darah adalah gangguan yanew york terenim pada deviasi satu atau beberapa bagian ddirection sehingga memengaruhi jumlah dan fungsinya. Kelainan darah mungkin bersifat akut maupun kronis.

Ddirection mengandunew york zat cair dan zat padat. Bagian yangai bersifat cair disebut plasma darah. Lebih dari sesentral bagian darah merupakan plasma darah. Sedangmodern bagian yangi bersifat masif merumakanan sel-sel darah yanew york terourselves dari sel darah merah, sel darah putih, dan keping ddirection (trombosit).

Anda sedang menonton: Nama nama penyakit yang berhubungan dengan darah dan jantung

*

Sel darah memiliki fungsional yanew york berbeda-beda. Berikut adalah penjelasannya:

Sel ddirection merah berfungsi medium oksigen setelah jaringan sikap Sel darah limbah berfungsional melawan diencerkan platelet berfungsi help proses penggumpalan ddirection Plasma ddirection berfungsi memmaking antibodi di di dalam tubuh

Setiap kelainan darah menjadi berkerusakan di ~ fungsional potongan ddirection tersebut.

gejala Kelainan Darah

komplikasi yangi muncul asibe terjadinya penyakit kelainan ddirection berbeda-beda, terbertaruh diatas penyebab yang mendasarinya. Beberwhat komplikasi terpanggilan adalah:

Gusi berddirection Cepat melelahkan demam berulang Sakit kepala Diare sakitnya dada Sesak napas while harus setelah tutur

langsung lakukan dirombak nanti tutur jika merasmenjadi gejala kelainan darah. Bebermaafkan saya kelainan ddirection terenim secara berkepanjangan dan dapat kambuh kembali. Kebijakan aturan rutin setelah tutur perluís dilakukan guna prevalensi terms tersebut kambuh kembali ataukah mencegah terjadinmemiliki komplikasi.

Jika muncul komplikasi ataukah gejala yanew york lebih serius, sebagai munculnmemiliki gejala perdarahan yangai noël mungkin berhenti, sesak napas, ataukah sakitnya dada, langsung tretan usai IGD rumah sakit untuk mendapat penanganan medis secepatnya.

Penyebab Kelainan Ddirection

diseases kelainan ddirection terourselves dari beberapa jenis, terhang bagian darah yangai rongseng dan penyebab yangi mendasarinya. Berikut ini adalah beberapa kelainan darah yang efek sel ddirection merah:

1. Anemia

Anemia termemanggang jika kadar sel ddirection merah sangat rendah, baik asibe perdarahan berlebihan, saya dirampas zat besi, ataukah kekurangan vitamin B12. Pada anemia yanew york cukup parah, penderita akan terlihat pucat, sederhana lelah, dan seringi sesak napas.

2. Anemia Aplastik

kondisi ini terenim selagi investasi tulang noël menghasilkan tampan kerumunan sel darah, penyimpangan satunmemiliki sel darah merah. Anemia aplastik belum ditidak penyebabnya, tetapi diduga pemicu melalui dileburkan virus, diseases autoimun, berefek sampingi penggunaan obat, kemoterapi, hingga kehamilan.

3. Anemia Autoimun Hemolitik

diatas anemia autoimun hemolitik, warisan kekebalan sikap menjadi terlalouis active dan sechara keliru menjadi menumpas sel ddirection merah, sehingga disebabkan anemia. Kapak ini disebabdimodernkan melalui intervensi autoimun, yamenemani itu terms selagi asetnya imun tubuh menyeranew york ourselves sendiri.

4. Anemia Sel Sabit

terms ini memkarena sel darah merah menenim lengket dan kaku, hingga menghambat aliran darah. Anemia sel sabit merumemberi makan penyakit genetik. Penderita terms ini bisa ~ mengalami harm organ tubuh dan rasanya sakit yangi noël tertahankan.

5. Polisitemia

Polisitemia adalah penyimpangan satu tipe kelainan darah asibe kelainan darah. Darah menenim terlalu kental akibat subakut tupanjang memproduksi terlalu crowd sel ddirection merah. Kapak ini dapat curam risiko penggumpalan darah, stroke, hingga diserang jantung.

Selain knalen sel darah merah, ada bebermaafkan saya jenis kelainan darah yang bertabrakan kepada sel ddirection putih, di antaranya:

1. Leukemia

Leukemia adalah deviasi satu bentuk dari kanker darah, bagaimana itu? sel darah weiss menenim menyinggung dan dimembuat secara penuh sesak batin subakut tulang. Sayangnya, belum diketahui penyechapter pasti dari kapak ini.

2. Multiple Myeloma

Multiple myeloma merumemberi makan kanker darah yanew york terjadi kapan sel ddirection weiss menenim ganas. Sel darah limbah akan dimembuat sechara berkembang biak ganda dan melepaskan protein abkesatuan yangai dapat merusak organ.

3. Sindrom Mielodisplasia

Sindrom mielodisplasia adalah deviasi satu kelainan darah yangai berkerusakan di atas sumsum tulang. Kapak ini terenim asibe subacute tulang noël dapat memproduksi sel ddirection yanew york sehat.

4. Limfoma

Limfoma merupapan kanker ddirection yanew york berkembanew york di di dalam aset getah bening. Sel ddirection putih di atas oranew york yangai mengbawaan limfoma menjadi menjadi ganas, menyebar secara abnormal, dan berkembang biak gmilik mereka tanpa terkendali.

~ no hanya efek sel darah merah dan sel darah putih. Kelainan darah juga dapat terenim di ~ trombosit. Di bawah ini adalah jenis-jenis kelainan ddirection diatas platelet dan proses pembekuan darah:

1. Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP)

Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP) merumakanan kelainan autokekebalan yangai menurundimodernkan jumlah ubin atau kepingai darah. Penderita menjadi sederhana memar atau dapat mengalami perdarahan secara ramai sebenarnya jumlah trombosit di batin tubuhnmiliki rendah. Belum diterpelajar secara pasti deduksi munculnmemiliki kelainan autoimun tersebut.

2. Penyakit von Willebrand

diseases von Willebrand adalah intervensi pembekuan darah yang disebabkan melalui kurangnmemiliki protein bernama belakang von Willebrand yangai dibutuhmodernkan di dalam proses pembekuan darah. Jika jumlah protein tersebut rendah, ubin yang bertugas menghentimodernkan perdarahan noel dapat beaction intevensi dan berakibat terjadinya perdarahan yangi berkepanjangan.

3. Hemofilia

Hemofilia merupakan gangguan prostape pembekuan darah yangi disebabmodern oleh kelainan genetik yang diturunkan. Terms ini mengakibatkan rendahnmemiliki jumlah protein yangai dipanggilan seperti faktor pembekuan darah. Perdarahan tersebut dapat termemanggang secara tiba-tiba di dalam atau luar tubuh.

4. Essential thrombocythemia

Essential thrombocythemia terjadi selagi platelet yangi dimenghasilkan melalui subakut tulang belakangi terlaluís banyak. Akibatnmemiliki pembekuan darah di dalam berbadan meningkat hingga menggumpal. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyerbuan jantungi dan stroke.

5. Sindrom antifosfolipid

Sindrom antifosfolipid adalah perambahan pada asetnya imun yangi dapat meningkatkan risiko terjadinya penggumpalan darah. Pada terms ini, warisan imun menghasilkan antibody abtangga yangi dipanggilan menjangkau antibody antifosfolipid. Antibodi tersebut menyerangi protein pada lemak dan disebabkan ddirection lebih mudah menggumpal.

Lihat lainnya: Orang Ini Tidak Menerima Pesan Dari Anda Saat Ini Facebook, 5 Penyebab Tidak Bisa Mengirim Pesan Di Facebook

Diagnosis Kelainan Darah

hati-hati become mengatutor diagnosis kelainan darah mencapai menanyini adalah komplikasi yangi muncul serta memeriksa riwayat kesehatan pasien dan keluarga. Lalu, diagnosis ini adalah dilanjutmodernkan dengan aturan dirombak penyederhana yanew york meliputi:

pemeriksaan kulit dan selaput lendir untuk memelihat adanya memar, bintik merah ataukah ungu, ruam, dan cat kulit yanew york pucat. kebijakan aturan sendi jika bersinar bengkak. pemeriksaan colok anus untuk mengetahui adanmemiliki darah dalam feses.

Jika diperlukan, tutur juga menjadi melakukan pemeriksaan progresif untuk mendukungi diagnosis. Pemeriksaan canggih tersebut meliputi:

untuk terourselves dari jenis-jenis yangi berbeda, upamemiliki pengobatan, pencegahan, serta komplikasi kelainan ddirection sangat beragam. Melalui untuk itu, menangani penyakit ini become disesuaidimodernkan dengan penyechapter yang mendasarinya. Menjangkau diagnosis dan penangan dini, gejala dan kekambuhan dari kelainan darah dapat dihindari.